Sabtu, 25 April 2015

Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal


Cascade Treatment adalah proses treatment awal yang mutlak harus kita lakukan, dalam usaha kita menjadikan Black Opal menjadi jarong. Dan “Cascade Treatment” ini bertujuan untuk mengeluarkan jelly pada badan Black Opal. Diharapkan setelah proses treatment ini, jelly atau getah Black Opal yang ada di badan Black Opal akan keluar dan merata di lapisan luar dari badan Black Opal. Anda akan melihat lapisan getah atau lapisan jelly berwarna putih-kabut segar pada sekeliling layer terluar dari B.O. Anda ingin tahu apa yang saya lakukan pada proses awal yang saya sebut dengan “Cascade Treatment” ini?. Atau mungkin anda masih ingin membaca artikel utama sebelum ini, “Cara memperlakukan batu permata Black Opal”  silahkan sobat pecinta kalimaya Black Opal semua, baca Cara memperlakukan kalimaya Black Opal pada artikel tersebut. Nah bahasan kali ini adalah treatment awal atau persiapan awal, sebelum kita melakukan treatment rutin, demi menjadikan batu kalimaya black opal menjadi jarong atau paling tidak, keluar warna. Tergantung bahan B.O, tehnik dan intensitas perawatan.

Cascade Treatment -Awal perawatan Black Opal

Baiklah langsung saja, berikut urutan dari “Cascade Treatment” agar jelly atau getah Black Opal yang ada di badan Black Opal akan keluar dan merata di lapisan luar dari badan Black Opal yang nantinya berguna untuk memperoleh hasil perawatan Black Opal yang maksimal.!!.


Cara melakukan "Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal". 

A. Jemur Black Opal di panas matahari pagi selama 3 sampai 4 jam, idealnya sinar matahari jam 9.00 pagi sampai dengan jam 13.00 siang.


B. Gosok dengan amplas kehalusan sedang, gosok sampai merata kecuali untuk titik yang sudah terlihat titik kembang warna.

Gosok dengan amplas kehalusan sedang, gosok sampai merata kecuali untuk titik yang sudah terlihat titik kembang warna.


C. Siapakan 2 wadah atau tempat yang tahan panas, untuk "Cascade treatment ", yang nanti akan kita gunanya :
Siapakan 2 wadah atau tempat untuk Cascade treatment

1. Tempat buat Black Opal yang sudah dijemur dan sudah diamplas rata. Tempat Black Opal ini harus tahan akan panas, misalnya bak steinless.

Tempat buat Black Opal yang sudah dijemur dan sudah diamplas rata. Tempat Black Opal ini harus anti panas, misalnya bak steinless

2. Tempat untuk minyak kelapa yang digunakan untuk merebus minyak kelapa. Tempat kedua ini juga harus tahan akan panas, misalnya bak steinless. 
 
Tempat untuk minyak kelapa yang digunakan untuk merebus minyak kelapa. Tempat kedua ini juga harus anti panas, misalnya bak steinless
D. Tempatkan Black Opal di bak steinless yang pertama. 
Tempatkan Black Opal di bak-steinless yang pertama

E.  Rebus minyak kelapa menggunakan di bak-steinless yang kedua sampai cukup panas, tapi awas jangan sampai terlalu panas karena bisa terbakar. Proses merebus minyak kelapa ini, harus kita lakukan diluar rumah, agar tidak membahayakan (kebakaran).
 
Rebus minyak kelapa menggunakan di bak-steinless yang kedua sampai cukup panas

F. Setelah minyak kelapa cukup panas, angkat dan “Siramkan” ke tempat yang sudah berisi Black Opal. Lakukan perlahan, jangan mengena langsung ke badan batu kalimaya Black Opal. 
Siramkan minyak kelapa panas ke tempat yang sudah berisi Black Opal
 
G. Tunggu sampai Black Opal dan minyak menjadi dingin, sambil lakukan pengecekan pada masing-masing B.O, apakah jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari black opal. 
Tunggu sampai Black Opal dan minyak menjadi dingin, sambil lakukan pengecekan pada masing-masing B.O, apakah jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari black opal

H. Lakukan langkah nomor “E”, “F” dan “G” sampai 2 atau 3 kali. Atau kalau anda mau, lakukan sampai jelly sudah keluar dan berada dilapisan terluar dari Black Opal.

 
Hasil dari Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal
 

Info Penting dari Cascade Treatment - Awal perawatan Black Opal :


a. Untuk melakukan Cascade Treatment ini, anda hendaklah melakukan seleksi bahan Black Opal, pilih bahan yang terdapat getah/jelly pada layer persis dibawah kulit Black Opal. Jangan buang-buang waktu percuma untuk bahan Black Opal yang tidak ada jelly.
 
b. Sebelum Black Opal di siram dengan minyak kelapa panas, jangan lupa selalu diamplas untuk membuka pori-pori Black Opal, sebagai jalan atau pintu keluarnya jelly.
 
c. Begitu juga sebelum dijemur di matahari, anda juga perlu menggosok atau sekedar memoles Black Opal. Tujuannya agar bekas minyak kelapa tidak menutupi jelly. Supaya jelly bisa segera mendapat sinar matahari yang dibutuhkan bagi Black Opal.

d. “Bekerjadengan panas adalah bencana bagi Black Opal”, demikian saran dari teman kita Ponco Niswanto. Perlu saya tegaskan disini, yang dimaksud dengan kata-kata diatas adalah “panas yang berlebihan”, bukan seperti yang saya lakukan pada “Cascade Treatment” ini. Mohon difahami porsi panas yang dibutuhkan Black Opal ini dengan benar. [google57230cb0ee915444.html]

0 komentar:

Posting Komentar

Nekt....

Terbaru

Get this widget here