Jumat, 24 April 2015

Ciri Batu Tapak Jalak dan Cara Merawatnya

Ciri Batu Tapak Jalak dan Cara Merawatnya
Batu tapak jalak adalah batu cangkraman yang mirip bekas telapak kaki burung jalak . Batu ini sudah dikenal luas oleh pecinta batu akik di indonesia dikarenakan motifnya yang unik tersebut . Batu tapak jalak termasuk batuan yang sudah langka , karena jenis tapak jalak membutuhkan kesabaran yang tinggi bagi para pengerajin batu untuk menemukan motif yang indah dari jenis batu tapak jalak . Sehingga , nilai seni dari batu ini dianggap sangatlah tinggi.
Batu tapak jalak memiliki motif khusus yaitu seperti tanda plus pada permukaannya, dan untuk batu tapak jalak yang asli garisnya sendiri akan berwarna seperti lilin dan tidak rata atau mulus serta akan terlihat tebal.
Selain itu, ke empat bagian bidang tersebut tidak akan tembus jika tersorot cahaya, namun garis yang berbentuk tanda plus di bagian tengahnya tersebut akan dapat ditembus oleh cahaya, dan untuk batu tapak jalak yang asli juga 4 bidang bagian diluar garis tersebut tidak akan terlihat terbagi rata. Baca juga Ciri Batu Tapak Jalak Asli.
Jika garis tersebut sangat lurus dan rapi serta 4 bagiannya terbagi sangat rata, maka terdapat kemungkinan jika batu tapak jalak tersebut bukan batu tapak jalak asli melainkan hanya batu sintetis. Jika anda sudah memiliki batu tapak jalak tersebut, berikut akan kami ulas cara merawat batu tapak jalak anda agar semakin berkilau, berikut ulasannya.
  1. Menggosok dengan daun pisang, gunanya untuk menjaga kelembaban pada lapisan batu.
  2. Olesi dengan minyak zaitun dan baby oil, gunanya untuk menjaga agar batu tapak jalak selalu mengkilap.
  3. Jangan biarkan batu akik tapak jalak terendam air sangat lama. Karena tidak semua jenis batu akik tapak jalak cocok dengan teknik perendaman.
  4. Asapi batu akik tapak jalak beberapa menit untuk memperkuat struktur lapisannnya dan menghindari pengeroposan atau pelapukan.
Demikian sedikit ulasan tentang Ciri Batu Tapak Jalak dan Cara Merawatnya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Nekt....

Terbaru

Get this widget here