Jumat, 24 April 2015

Ciri Batu Mulia Black Opal Banten


Batu Kalimaya atau Black Opal sudah diakui sebagai batu terindah di dunia, Pesona batu Black Opal telah menempatkan batu ini sebagai jenis batu mulia paling dicari dan di buru banyak kolektor dan penghobi. Bahkan masuk dalam deretan batu cincin akik termahal di dunia, selain batu merah delima atau ruby, zamrud, berlian dan lain-lain
Di Indonesia Batu kalimaya atau Black Opal banyak di jumpai di Lebak Banten. Tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja Banten. Namu batu ini juga diambil dari tempat ditemukanya dimana batu ini banyak ditambang sekitar sungai atau kali.
Letak keunikan dan keindahan pada batu Black Opal Banten ini kemampuannya merefleksikan beragam warna-warni dari dalam batu. Sebuah batu cincin bisa mengeluarkan lebih dari 5 warna beragam dan masing-masing batu yang sudah dibentuk, baik dalam bentuk batu cincin atau liontin tidak akan memiliki corak dan pantulan warna yang sama.
Berdasarkan warna dan corak yang ada pada batu Black Opal terletak pada warna dasar diantaranya warna hitam, putih susu, warna kopi, teh, kristal hijau dan lain-lain. Dan jenis batu Opal yang paling di incar kolektor dan penghobi berwarna hitam atau lebih dikenal dengan Black Opal Kalimaya,
Namun setiap penghobi mempunyai Pandangan yang berbeda dalam menilai keindahan pada batu ini sehingga tidak selamanya jenis black opal yang menjadi pilihan terkadang warna dengan dasar putih juga banyak diminati penghobi terlebih mereka yang mempercayai hal-hal mistis, karena disamping keindahannya, konon batu opal dengan dasar warna berbeda memiliki khasiat berbeda pula bagi pemakainya.
Meskipun batu ini banyak ditemukan di banyak negara, masing-masing negara tentu memiliki ciri khas tersendiri, misalnya untuk Jenis Black opal Banten memiliki kilau warna yang lebih hidup yang lebih dikenal dengan kilau ‘kembang’ dan warnanya tidak menghilang atau luntur meskipun dalam waktu lama.
Selain pada kilau dan warna, tekstur pada batu Black Opal asal banten ini juga terlihat lebih kasar dibandingkan jenis opal yang banyak ditemukan di beberapa negara. Bahkan di pasaran internasional Black Opal asal Banten biasanya di hargai lebih mahal dan banyak di buru banyak kolektor mancanegara.
Perbedaan itu itu tentu sudah sangat dikenal bagi kalangan kolektor dan penghobi, mengingat batu permata yang dihasilkan masing-masing negara secara umum akan memiliki perbedaan dan bisa dengan mudah dibedakan secara kasat mata terutama bagi mereka yang sudah paham seluk beluk dunia permata.

0 komentar:

Posting Komentar

Nekt....

Terbaru

Get this widget here